Pesatnya perkembangan dunia media sosial berdampak pada
tingginya aktivitas jual beli online, khususnya di Indonesia. Berbagai macam
media sosial dengan beraneka fiturnya mewadahi para penjual untuk mengembangkan
bisnisnya secara online. Akibatnya,
tampilan beranda media social, terutama
facebook, twitter, dan instagram seringkali dipenuhi dengan promosi dari
akun-akun berbasis jual-beli online. Produknya pun beraneka ragam, bukan hanya
berupa barang untuk segala jenis kebutuhan, tetapi juga layanan jasa seperti jasa
rias (istilah kerennya MUA alias make up artist J), jasa fotografi, jasa jahit, jasa percetakan, hingga
jasa tambah follower akun media sosial J J J
Fenomena tersebut memang menguntungkan pembeli, khususnya
wanita. Wanita dieluh-eluhkan sebagai makhluk Tuhan yang amat senang berbelanja
hingga menghabiskan waktu yang cukup lama dalam sekali belanja. Adanya sistem jual beli online ini memudahkan para wanita berselancar
di dunia maya untuk memilih produk favorit tanpa perlu lelah untuk datang dan
berkeliling di pusat pertokohan. Sebagai seorang wanita, saya pun ikut
menikmati fasilitas jual beli online ini. Namun, dibandingkan dengan berbelanja
melalui akun media sosial, saya lebih memilih untuk berbelanja pada portal-portal penyedia layanan jual
beli online khusus, seperti lazada. Alasan
saya cukup sederhana, selain karena produknya cukup lengkap
dan harganya terjangkau, tetapi juga terkait dengan verifikasi penjualnya. Para penjual yang menjadi mitra
portal/aplikasi jual beli online semacam lazada tentunya sudah terverifikasi keberadaan,
keamanan transaksi, dan pelayanannya. Berbeda dengan para penjual di beberapa
media sosial yang belum tentu asli/palsu, sehingga sangat dikhawatirkan adanya
penipuan didalam transaksinya. Namun, bukan berarti pula bahwa saya tidak
pernah belanja online melalui akun penjual di media sosial, salah satunya
instagram. Hal tersebut juga bukan
berarti bahwa transaksi jual beli dengan penjual pada akun media sosial lebih
tidak aman.
Pembelian di lazada pun harus memperhatikan banyak hal
untuk menghindari kekecewaan yang berlebihan setelah barang sampai ditangan. Tidak
dapat dipungkiri bahwa lazada hanya menjadi portal/penyedia aplikasi penjual,
sedangkan mitra yang menjadi penjualnya dapat berasal dari berbagai kalangan. Akibatnya,
kenyamanan transaksi dan kepuasan terhadap kualitas produknya juga tidak
terjamin 100%. Berdasarkan pengalaman saya setelah beberapa kali belanja
melalui aplikasi lazada, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum
memutuskan dengan mantap untuk mengklik opsi “Beli Sekarang”. Beberapa catatan
tersebut antara lain:
1. Tentukan
produk yang ingin dibeli terlebih dahulu. Kita dapat mencari produk tersebut
melalui menu search yang tersedia.
Hal ini sangat penting untuk menghindari adanya over budget ketika kita berbelanja online mengingat lazada
menyediakan berbagai macam produk dengan rentang harga yang juga cukup luas.
Berfokuslah pada produk yang dibutuhkan tersebut.
2. Umumnya
ada beberapa agen penjual yang menyediakan produk sejenis, bahkan terkadang
produk yang sama. Oleh karena itu, pilihlah agen yang tepat dengan cara:
· Perhatikan
jumlah bintang untuk agen tersebut serta jumlah penilainya. Semakin banyak
bintang dan penilainya, maka berarti agen tersebut semakin terpercaya
kualitasnya.
· Bacalah
komentar-komentar yang diberikan untuk produk yang disediakan agen tersebut.
Umumnya komentar-komentar yang diberikan akan sangat merepresentasikan kualitas
produk, ketepatan waktu pengiriman, hingga packagingnya.
Jadikan komentar-komentar tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam memilih
produk yang sesuai.
· Bandingkan
harga yang diberikan untuk produk yang sama dari agen penjual yang berbeda.
Jika gambar yang digunakan sama, kemungkinan besar produknya sama sehingga akan
lebih baik untuk memilih yang lebih murah bukan??? J
Namun, jangan lupakan
kedua poin sebelumnya.
3. Bila
hendak membeli produk yang memiliki ukuran, seperti baju, sepatu, celana dan
sebagainya, maka pastikan untuk mengecek ketepatan ukurannya. Biasanya, agen
penjual yang baik akan memberikan panduan ukuran pada setiap gambar produknya.
Pilihlah presisi ukuran yang tepat berdasarkan panduan tersebut.
4. Umumnya
tersedia beberapa gambar dari berbagai sisi untuk satu produk. Perhatikan semua
gambar yang diberikan. Kepuasan melihat produk dari berbagai sudut dan detilnya
akan memberikan pertimbangan lebih matang sebelum membeli. Perhatikan pula
warna produk pada gambar dan kemungkinkan perbedaan warna antara gambar dengan
produk asli.
5. Apabila
tidak sedang membutuhkan produk tertentu atau bila hanya sekedar ingin mendapat
produk dengan harga murah, kita dapat memanfaatkan fasilitas promo yang sering
diberikan. Promo yang diberikan biasanya aka nada di halaman utama. Kita juga
dapat memanfaatkan fasilitas diskon apabila melakukan pembayaran melalui
bank-bank tertentu pada momen tertentu. Namun, penggunaan layanan diskon harus
benar-benar mempertimbangkan faktor prioritas kebutuhan dan anggaran belanja
yang kita miliki.
Begitulah
kira-kira kiat untuk berbelanja melalui lazada berdasarkan pengalaman saya.
Berbagai aplikasi toko online selain lazada telah banyak tersedia. Kita dapat
memilihnya sesuai kebutuhan dan pertimbangan tertentu. Semoga bermanfaat.
Selamat berbelanja online! J
Note:
bukan iklan/endorse lazada ya J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar